Power

Power
Tujuan pembuatan blog "Gogeneration" ini adalah sebagai sarana untuk berbagi ilmu pengetahuan dan mencerdaskan anak bangsa, dengan mengumpulkan tutorial dan artikel yang terserak di dunia maya maupun di literature-literature yang ada. Semoga dengan hadirnya blog "Gogeneration" ini dapat membawa manfaat bagi kita semua. dan saya ingin sharing tentang power plant dan substation khususnya di electrical, mechanical , automation, scada. walaupun sudah lebih dari sepuluh tahun menggeluti dunia itu tapi masih banyak hal yang harus dipelajari. dengan blog ini saya berharap bisa saling sharing, Blog ini didedikasikan kepada siapa pun yang mencintai ilmu pengetahuan

usn.wnd@gmail.com

Selasa, 05 April 2011

500kV Sub Station



500kV Sub Station
Tegangan 500kV adalah tegangan jaringan ekstra tinggi, sedangkan Sub-Station atau umumnya disebut “Gardu Induk” adalah suatu tempat atau instalasi yang berfungsi untuk menerima dan menyalurkan tenaga listrik dari suatu pusat pembangkit listrik ke grid atau jaringan.

Jadi “500kV Sub-Station” adalah suatu gardu induk dengan tegangan ekstra tinggi yang berfungsi untuk menerima dan menyalurkan tenaga listrik.

Konfigurasi Rangkaian
Seperti disebutkan diatas bahwa Sub-Station adalah tempat untuk mengirim dan menyalurkan tenaga listrik, maka peralatan yang terdapat di dalam sub-station akan diatur sedemikian rupa sehingga bisa memberikan pelayanan yang terbaik seperti yang diharapkan. Sub-station ditempat kami menggunakan konfigurasi rangkaian yang disebut dengan “system 1 ½ breaker” (1 ½ breaker method). System ini menggunakan double bus bar dan untuk menghubungkan ke 2 bus bar tersebut di gunakan 3 buah breaker.


System 1 ½ breaker mempunyai kehandalan yang sangat tinggi, bisa kita lihat seperti dalam gambar:
Jika bus bar A mengalami gangguan maka bus bar tersebut dapat dipisahkan (isolasi) dari system dengan membuka breaker yang menghubungkan bus bar tersebut. Walaupun bus bar A sudah dipisahkan, tenaga listrik akan tetap bisa disalurkan secara utuh. Hal ini juga berlaku terhadap bus bar B jika bus bar tersebut mengalami gangguan.
Bahkan jika ke 2 bus bar mengalami gangguan, tenaga listrik masih bisa disalurkan walaupun breaker yang menghubungkan ke 2 bus bar tersebut di buka.

Sebagai bahan perbandingan, konfigurasi rangkaian yang lain akan dipostingkan dalam kesempatan berikutnya.

Peralatan Utama Sub Station
Peralatan utama dari 500kV Sub Station terdiri dari 2 bagian yaitu peraltan yang terdapat di ruang terbuka yang disebut dengan Switch yard dan peralatan yang diletakkan di ruang tertutup atau dalam suatu gedung yang disebut dengan control building.

Peralatan yang terdapat di dalam switch yard:• 500kV Peralatan Outdoor :
- SA (Surge Arrester)
- CVT (Capacitive Voltage Transformer)
- LT (Line Trap)
- Local Control Panel
- Air Compressor
• 500kV GIS:
- GCB (Gas Circuit Breaker)
- DS (Disconnecting Switch)
- ES / HES (Earthing Switch / High speed Earthing Switch)
- VT (Voltage Transformer)
- CT (Current Transformer)

Peralatan yang terdapat di Control Building:• Control Panel
• Protection Panel
• 380V AC & 220V AC Distribution Panel
• 125V DC & 220V DC Distribution Panel
• 125V DC & 220V DC Battery and charger
• PLC (Power Line Carrier) and RTU Panel
• Fault and Event Recorder
• Remote control Panel
• Metering Panel

Untuk pengenalan lebih lanjut tentang masing-masing peralatan listrik diatas akan dipostingkan pada kesempatan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar