Power

Power
Tujuan pembuatan blog "Gogeneration" ini adalah sebagai sarana untuk berbagi ilmu pengetahuan dan mencerdaskan anak bangsa, dengan mengumpulkan tutorial dan artikel yang terserak di dunia maya maupun di literature-literature yang ada. Semoga dengan hadirnya blog "Gogeneration" ini dapat membawa manfaat bagi kita semua. dan saya ingin sharing tentang power plant dan substation khususnya di electrical, mechanical , automation, scada. walaupun sudah lebih dari sepuluh tahun menggeluti dunia itu tapi masih banyak hal yang harus dipelajari. dengan blog ini saya berharap bisa saling sharing, Blog ini didedikasikan kepada siapa pun yang mencintai ilmu pengetahuan

usn.wnd@gmail.com

Selasa, 05 April 2011

150kV Sub Station



150kV Sub Station
Sub Station atau gardu induk yang menjadi tanggung jawab kami, tidak hanya 500kV Sub Station saja tapi 150kV Sub Station juga.

Tegangan 150kV di golongkan ke dalam tegangan tinggi. Tegangan yang termasuk dalam tegangan tinggi adalah tegangan mulai dari 60kV sampai dengan 400kV. Sedangkan tegangan 400kV atau lebih di golongkan ke dalam tegangan ekstra tinggi.

Konfigurasi Rangkaian
Berbeda dengan 500kV Sub Station yang menggunakan konfigurasi 1½ breaker, 150kV Sub Station menggunakan konfigurasi double bus bar.

Dalam konfigurasi ini, terdapat 2 buah bus bar dan masing-masing sumber atau beban di hubungkan ke bus bar tersebut, seperti yang terlihat dalam gambar.

Sub station ini di supply oleh 2 buah Overhead Line (OHL) atau transmisi dan mensupply sebuah transformer. Masing-masing OHL di hubungkan ke bus bar melalui 2 buah Disconnecting Switch (DS), demikian juga dengan transformer tersebut.
Dengan konfigurasi ini beban dalam hal ini transformer disupply oleh 2 buah busbar dan 2 buah OHL, sehingga jika salah satu busbar atau OHL mengalami gangguan transformer tersebut masih bisa disupply oleh busbar dan OHL yang tidak mengalami gangguan.

Sub station in awalnya hanya menanggung sebuah beban yaitu berupa transformer yang dipakai sebagai power supply pada saat konstruksi dan commissioning project ini. Setelah 500kV Sub Station selesai dibangun dan mensupply power plant, 150kV Sub Station dipakai sebagai backup saja.

Peralatan Utama 150kV Sub Station
Sama halnya dengan perlatan pada 500kV Sub Station, perlatan yang terdapat di 150kV Sub Station terdiri dari 2 bagian yaitu peralatan yang terdapat di ruang terbuka yang disebut dengan Switch yard dan peralatan yang diletakkan di ruang tertutup atau dalam suatu gedung yang disebut dengan control room.
Ada satu perbedaan dalam peralatan yang terdapat di switch yard, yaitu pada 500kV Sub Station menggunakan system Gas Insulated Switchgear (GIS), sedangkan pada 150kV Sub Station tidak menggunakan system ini, tetapi peralatan-peralatan di letakkan di dalam switch yard dengan jarak yang aman.

Peralatan yang terdapat dalam switch yard yaitu:
• SA (Surge Arrester)
• CVT (Capacitive Voltage Transformer)
• CT (Current Transformer)
• GCB (Gas Circuit Breaker)
• DS (Disconnecting Switch)
• ES (Earthing Switch)
• Local Control Panel

Peralatan yang terdapat di Control Building:
• Protection Panel
• 380V AC & 220V AC Distribution Panel
• 125V DC & 220V DC Distribution Panel
• Remote control Panel
• Metering Panel

Demikian pengenalan dari 150kV Sub Station dan kami tunggu komentnya untuk improvement kedepan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar