Power

Power
Tujuan pembuatan blog "Gogeneration" ini adalah sebagai sarana untuk berbagi ilmu pengetahuan dan mencerdaskan anak bangsa, dengan mengumpulkan tutorial dan artikel yang terserak di dunia maya maupun di literature-literature yang ada. Semoga dengan hadirnya blog "Gogeneration" ini dapat membawa manfaat bagi kita semua. dan saya ingin sharing tentang power plant dan substation khususnya di electrical, mechanical , automation, scada. walaupun sudah lebih dari sepuluh tahun menggeluti dunia itu tapi masih banyak hal yang harus dipelajari. dengan blog ini saya berharap bisa saling sharing, Blog ini didedikasikan kepada siapa pun yang mencintai ilmu pengetahuan

usn.wnd@gmail.com

Rabu, 27 April 2011

Jarak Aman Minimum Phasa-Phasa dan Ph-Gnd pada Tegangan Tinggi


Seringkali saya mendapat pertanyaan tentang berapa sih jarak standar Phasa ke Phasa dan Phasa ke Tanah dalam instalasi tegangan tinggi?
Menanggapi pertanyaan tersebut, saya akan sedikit memaparkan aturan-aturan umum yang tercantum dalam IEC60076-3 Second Edition publikasi 2000-03 tentang Insulation Level.
image

Clearance Phase - Earth

Jarak aman antara phasa ke tanah umumnya ditentukan oleh rating/nominal tegangan impulse withstand yang tertera pada peralatan/sistem. Kemudian untuk menentukan jarak minimum yang diperbolehkan sesuai ketentuan IEC dapat ditarik garis ke dalam grafik dibawah ini:image
image

Clearance Phase - Phase

Apabila jarak Phasa ke Tanah ditentukan oleh grafik diatas, maka untuk jarak Phasa ke Phasa ditentukan oleh grafik dibawah berdasarkan nilai nominal tegangan switching impulse yang tertera pada peralatan/sistem.
image
Clearance berdasar pada nilai nominal Lightning Impulse Voltage peralatan
image

Detail publikasi Standar IEC * IEC60076-3 SE 2000-03 * dapat anda download dan baca lebih lanjut dalam format PDF dibawah ini:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar